Ralat Himbauan Idul Adh-ha 1428H

December 15, 2007

Walaupun kami telah membuat ralat dan catatan tambahan di bagian akhir himbauan kami tentang Idul Adh-ha 1428H, agar lebih luas diketahui oleh orang-orang yang sebelumnya membacanya, maka kami mengangkat masalah ini menjadi tulisan sendiri di sini. Sebenarnya memang Idul Adh-ha itu mengacu berdasarkan wukuf sebagaimana tekstual hadits, namun dalam rangka menjaga persatuan dan kemaslahatan yang juga Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam wasiatkan, maka kami himbau kepada anda sekalian untuk berhari raya bersama pemerintah. Silahkan baca uraian yang singkat dan memuaskan mengenai ini.

Adapun puasa ‘Arafah, ya tetap pada hari di mana kaum muslimin berada di padang ‘Arafah karena sesuai dengan namanya “Puasa ‘arafah”, bukan puasa 9 Dzulhijjah. Dan lagi puasa ini bukanlah amalan jama’i, harus berjama’ah dengan kaum muslimin. Dengan demikian, tidak ada halangan bagi setiap muslim untuk melakukan puasa ‘Arafah sesuai pada waktunya.

Hiraukan saja jika anda mendengar seruan/ajakan untuk berpuasa ‘Arafah pada hari di mana kaum muslimin tidak ada di padang ‘Arafah. Sesuatu yang sangat aneh dan lucu ini pernah kami dengar di masjid besar di kawasan Jakarta Pusat. Sungguh tidak wajar pengumuman itu di masjid tersebut. Mudah-mudahan tahun ini pengurusnya memahaminya dan tidak melakukannya kembali.

comments powered by Disqus