Mendengarkan Streaming Radio Sunnah Melalui Ponsel Anda dengan Virtual Radio

Published by admin on March 24, 2008 at 09:50 PM in Mobile,Situs,tips,Tutorial. 6,149 views

Akses internet ke ponsel dapat memudahkan kita untuk menambah ilmu syar’i di mana saja kita berada. Alhamdulillah kami telah menguraikan salah satu caranya dengan mengakses artikel dari situs-situs sunnah secara mudah. Selanjutnya mungkin anda bertanya, “Bagaimana dengan mendengarkan radio streaming? Mengapa saya tidak bisa akses Radiobox Sunnah melalui ponsel?”

Radiobox Sunnah menggunakan teknologi flash dan saat ini belum ada (?) browser untuk ponsel yang dapat menjalankan aplikasi flash. Untuk itu diperlukan software khusus untuk mendengarkan radio streaming. Di sisi lain, radio streaming baru dapat dinikmati melalui ponsel 3G atau ponsel dengan fasilitas wi-fi.1 Ponsel dengan GPRS biasa belum cukup karena diperlukan kemampuan transfer data yang cukup tinggi untuk mendengarkan radio streaming.

Walaupun ponsel 3G masih terbatas dimiliki oleh sebagian kecil masyarakat di Indonesia, apalagi layanan GPRS yang masih relatif tinggi untuk dijangkau kantong kita, namun ada baiknya kami uraikan bagaimana cara mendengarkan streaming radio sunnah melalui ponsel 3G atau wifi. Bagi anda pemilik ponsel dengan kemampuan wi-fi, ada kemudahan (yang ‘terbayarkan’ saat anda bersusah payah membeli ponsel tersebut) dalam menikmati radio streaming. Jika anda berada dalam hotspot gratis2, andapun dapat mendengarkan radio streaming tanpa biaya.

Kembali ke radio streaming, di antara aplikasi ponsel yang stabil untuk mendengarkannya adalah Virtual Radio. Ponsel-ponsel yang sudah pasti didukung adalah ponsel yang berbasiskan Symbian S60 3rd edition dan UIQ 3. Lengkapnya lihat keterangan resmi dari situsnya. Untuk S60 2nd edition masih didukung, namun kami tidak menemukan link download-nya di situs resminya. Anda dapat mendownloadnya di situs mosh dari nokia.3

Berikut cara2 menginstall dan menggunakannya untuk menikmati siaran radio sunnah:


 
 

Berikut keterangan dari gambar-gambar di atas:

  1. Melalui browser ponsel anda, kunjungi www.vradio.org, lalu download Virtual Radio.
  2. Selanjutnya anda akan diminta untuk menginstallnya, pilih Install.
  3. Setelah terinstall, tutup browser anda dan jalankan Virtual Radio
  4. Anda akan diminta untuk menentukan jenis koneksi internet yang akan digunakan untuk terhubung dengan server Virtual Radio. Daftar yang terlihat di gambar ini adalah daftar koneksi yang tersedia, termasuk jaringan wireless (jika ponsel anda mendukungnya) yang ada di sekitar anda.
  5. Virtual Radio akan melakukan koneksi.
  6. Jika koneksi berhasil Virtual Radio akan berjalan dengan sempurna.((Memilih tombol Play pada aplikasi ini akan menjalankan radio yang terakhir kali. Sehingga anda dapat langsung memilihnya saat ingin mendengarkan untuk kedua kali dan seterusnya.)) Pilih group channel (seperti yang terlihat pada gambar).
  7. Di channel group, pilih “Asian”.
  8. Pilih radio sunnah yang ingin anda dengarkan. Pilih “Radio Rodja”
  9. Maka radio sunnah akan dapat dinikmati. Untuk mengatur volumenya, anda dapat menggunakan tombol panah kanan dan kiri pada ponsel anda.

CATATAN PENTING: Cara ini akan sangat mendownload data yang sangat besar dalam waktu yang singkat. Untuk itu kami menghimbau agar anda berhati-hati sebelum menggunakannya. Kami sarankan agar memanfaatkan hotspot gratis untuk mendengarkan streaming radio sunnah ini.

Hotspot Sudah Mulai Banyak. Dari hasil pencarian google, berikut hasil saringan kami terhadap daftar link yang menyediakan hotspot gratis. Insya Allah daftar ini akan berusaha diupdate oleh blogger penghimpunnya:4

  1. Daftar Hotspot Gratis di Jakarta, oleh: Harry Sufehmi
  2. Daftar Hotspot Gratis di Bandung yang disediakan oleh Melsa
  3. Daftar Hotspot Gratis di Jogja, oleh Aziz
  4. “di Serpong malah rata rata mallnya sudah gratis hotspot [BSD Junction, ITC BSD, WTC Matahari Serpong (konfirmasinya di sini) dan Sumarecon Mal Serpong menyediakan hot spot gratis]” oleh Papanbonbon
  5. Hotspot di Malang (bukan daftar tapi bisa ambil informasi keadaan di sana), oleh Zulfikar A.

Demikian akhirnya yang dapat kami upayakan untuk menghimpun tutorial beserta informasi-informasi pendukungnya. Jika belum memiliki perangkat yang dapat digunakan untuk mendengarkan streaming radio sunnah, kami sarankan untuk menyebarkannya kepada teman dan kerabat anda. Atau anda dapat menyimpannya ke dalam bookmark anda untuk dapat digunakan di kemudian hari, amiin. Semoga anda sekalian dapat menggunakannya dengan baik karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

  1. Hal ini semata-mata berdasarkan percobaan kecil-kecilan yang kami lakukan dengan berbagai macam ponsel kami. Mohon dikoreksi jika salah. -red. assunnah.web.id []
  2. kami berusaha untuk menghimpunnya untuk anda di akhir tulisan ini insya Allah []
  3. Kami telah mencobanya dan berhasil dijalankan, namun untuk masih belum berhasil mendengarkan streaming radio. Hal ini mungkin saja disebabkan oleh ponsel yang bukan 3G. Download link dari mosh ini legal karena aplikasi Virtual Radio-nya memasang iklan sebagai penutup biaya. []
  4. Validitas informasi kami serahkan kepada blogger masing-masing. Terimakasih atas penghimpunannya. []

Nantikan tulisan-tulisan berikutnya insya Allah, dengan berlangganan feed kami.

  • Abu Hilmi

    Untuk HP low-end yang hanya support Java Mobile seperti punya ana, ana sarankan menggunakan aplikasi opensource dari rusia, namanya MFRadio (http://mfradio.sourceforge.net) atau (http://www.getjar.com/products/8371/MFRadio)

  • http://akhjulian.wordpress.com Ahmad Julian

    Assalamu’alaikum, alhamdulillah…. ini nih yang ana tunggu, apakah ana di Kalimantan Tengah bisa juga dengar radio-nya? tak coba download ya….
    Jazakallahu khairan

  • admin

    @Abu Hilmi: Jazakallah khair atas informasinya

  • asrul

    VR error ketika dijalankan di Windows Mobile, saya coba2 dengan program lain, akhirnya ketemu yang cukup baik dan bisa sekaligus merekam siarannya. Nama programnya: Resco Pocket Radio bisa di-downnload di: http://www.getjar.com/products/15450/RescoPocketRadio. Kemudian dari menu pilih all station/new/import masukkan file pls atau mu3 atau asx. Baca artikel memutar radio dengan MP3 yang akan menghasilkan file pls. Semoga bermanfaat. Wassalam

  • admin

    @asrul: Terima kasih atas masukannya. Resco Pocket Radio itu berbayar, kami himbau agar jangan membajak software. Jika tidak ingin membeli, silahkan cari software yang gratis. Dengan demikian ilmu yang diperoleh menjadi berkah insya Allah.

  • Ahmad Raafi

    Assalamu’alaikum
    Pak, mau tanya. Kalau kita mendengar radio melalui virtua radio hitungannya seperti kita buka internet di Hp atau biaya koneksitas pertamanya saja??
    Terim kasih atas penjelasannya.
    Jazakallahu khairan.

  • admin

    @Ahmad Raafi: ‘Alaikum salam mas. Hitungannya sama seperti kita mengakses internet melalui ponsel. Oleh karena itu kami memberikan beberapa hal yang perlu diperhatikan. Saat ini sudah ada beberapa layanan GPRS yang unlimited. Anda dapat memilih dengan paket bandwidth rendah sehingga biayanya dapat terjangkau. Ini yang kami sarankan. Allahu a’lam.

  • khalid

    Asalam wr.wb….
    Tulisan Bapak bermanfaat sekali buatku,yg berada jauh dari tanah air. maaf Minta tambahan ilmu nih,tolong kasih aku canel canel islami di tanah air yg bisa saya akses,sekalian tutorialnya untuk menghemat bandwit. aku di Jeddah terasa mahal sekali dalam mengakses v radio tapi disisi lain ini kebutuhan primer spiritku. sebelumnya ku ucapkan terima kasih,kalo bisa kirim ke emailku. Wassalam wr.wb.

  • khalid

    Asalam wr.wb.
    Ada cara yg lebih murah/gratis,? aku akses v radio dari Jeddah terasa mahal sekali. trimakasih
    Wassalam wr.wb

  • bambang kusmadi

    Assalamu’alaikum,
    Ana coba udah berhasil denger radio HANG 108 Batam,
    tapi kok ana gak bisa cari Radio Rodja nya?
    Mohon Info tambahan

    Jazakallahu khairan.

  • http://Cixas.blogspot.com Cixas

    Assalamualaikum ana coba kok nggak bisa kalau selain rodja malah bisa

  • Abu abid

    Afwan akhi, ana udah menggunakan virtual radio tapi didalam daftar chaenalnya tidak ada radio yang sunnah, gimana cara memasukkan chanel lain ya akh, trus ana pake hp E71, sudah ada streming radionya, tapi harus memasukkan ID, mohon infonya akhi, ID radio rodja ato radio hang, ana di kal-tim

  • admin

    Virtual radio versi berapa yang anda gunakan? Untuk versi terbaru kami belum mencobanya kembali. Untuk cara alternatif lainnya untuk mendengarkan streaming radio sunnah melalui ponsel dapat dilihat di blog-nya oryza.

    Demikian, semo ga bermanfaat.

  •  

  • Berlangganan feed Informasi Dakwah Sunnah

  • Radio Box

    Pasang radiobox ini

    Keluarkan radiobox (pop up)


    • Ikuti saya di Twitter.





    • Situs Muslimah


    • Kategori

    • Data Situs



      blog-indonesia.com
      tracker Religion Blogs - BlogCatalog Blog Directory Religion Blogs - Blog Top Sites Check PageRank


    • Arsip

    • 2012 (1)
    • 2010 (2)
    • 2009 (18)
    • 2008 (30)
    • 2007 (39)