Sempurnakan Penggunaan Google Reader Anda dengan Feedly

March 11, 2009

Bagi anda yang sudah menggunakan Google Reader, atau telah mengimport situs-situs sunnah ke Google Reader, kami sarankan agar anda menggunakan Feedly untuk menikmati layanan feed aggregator dari Google itu dengan manfaat yang lebih banyak.

Feedly adalah addon Firefox yang memudahkan anda dalam menggunakan Google Reader. Selain mengatur tata letak seperti majalah, Feedly juga memberikan berbagai macam manfaat dan kemudahan dalam membaca feed maupun menyebarkan (share) apa yang anda baca ke siapa saja. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat membaca ulasan berikut. Tulisan ini berupaya untuk melengkapi uraian itu.

Instalasi

Untuk menginstal Feedly, anda cukup mengunjungi situsnya, lalu klik “Get Feedly” (atau klik langsung di sini). Jika ada pop-up blocker yang muncul, anda harus mengizinkannya dengan mengklik tombol “Allow” di kanan atas, kemudian kembali mengklik “Get Feedly”. Seperti halnya dalam menginstall addon Firefox lainnya, setelah proses instalasi selesai, anda harus me-restart Firefox anda.

Feedly Start Page

Setelah Firefox di-restart, untuk mengakses Feedly, anda cukup menekan tombol Feedly di sebelah kiri address bar. Saat menjalankan Feedly, anda akan diminta login ke Google. Setelah itu, jika ini adalah saat yang pertama kalinya, anda akan ditawari untuk mengimport feed-feed langganan anda dari feed aggregator lain, seperti Firefox bookmark, MyYahoo!, Netvibes dan Bloglines. Di sini anda dapat klik “continue” atau “OK, Let’s get started!“.

Feedly Start Page

Secara umum, tampilan utama Feedly seperti pada gambar di bawah ini. Semua tulisan terbaru ditampilkan seperti daftar isi sebuah majalah. Untuk membaca tulisan / berita dari feed, anda cukup mengklik judulnya saja, lalu tulisanpun akan muncul pada halaman yang sama, tanpa perlu banyak loading dan prosesnya cepat.

Feedly: My Digest
Feedly: Tampilan ‘My Digest’ adalah tampilan utama saat membuka Feedly

Membaca Feed

Tergantung dari feed yang anda langgani, ada feed yang menghasilkan tulisan yang utuh, ada yang hanya berupa ringkasannya saja sehingga anda perlu mengunjungi situsnya untuk membaca tulisan itu secara keseluruhan.

Feedly: Membaca tulisan yang terpotong
Feedly: Membaca tulisan yang terpotong.

Salah satu manfaat dari Feedly adalah, fitur “preview“-nya tidak mengharuskan anda mengunjungi situs yang anda langgani, akan tetapi muncul pop-up mini browser yang akan menampilkan artikel tersebut. Sehingga anda dapat membaca tulisan yang anda inginkan tanpa harus membuka tab baru. Untuk menikmati fitur ini, klik judul tulisan yang anda ingin baca, lalu klik ‘preview‘ yang ada di sub menu di bawah judul itu. Jika sudah selesai membaca, anda dapat menutup preview ini di kanan atas dan melanjutkan membaca tulisan-tulisan dari feed lainnya.

Feedly: Preview tulisan di situsnya
Feedly: Preview tulisan di situsnya.

Sharing

Feedly menyediakan berbagai cara untuk anda yang ingin menyebarkan suatu tulisan/informasi. Yang akan kami bahas di sini adalah melalui email. Jika anda membaca tulisan utuh seperti di bawah ini, maka penyebaran informasi melalui email sangat cocok untuk dilakukan. Teman anda tidak perlu lagi ke situs yang anda maksud, namun semua informasinya sudah ada dalam email, tanpa anda harus mengkopi-paste informasinya.

Feedly: Membaca tulisan utuh
Feedly: Membaca tulisan utuh.

Dari sub menu, klik ‘email‘, maka akan muncul isian ‘To:‘ untuk mengisi email teman anda dan dan ‘Note‘ untuk mengisi pesan yang akan anda sampaikan seputar informasi yang akan anda sebarkan ini. Karena Feedly bekerja berbasiskan Google Reader, maka address book dari Gmail akan terintegrasi di sini. Artinya, saat anda mengetikkan alamat email, akan muncul alamat email yang sesuai dengan input yang anda masukkan.

Feedly: Sharing melalui email
Feedly: Sharing melalui email.

Dan inilah email yang diterima oleh teman anda.

Feedly: Sharing melalui email
Feedly: Sharing melalui email.

Masih banyak kegunaan-kegunaan Feedly. Namun kami cukupkan sekian dan mempersilahkan anda untuk mencobanya lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Silahkan beri komentar jika ada kesulitan atau tanggapan lainnya.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading…

comments powered by Disqus