Memperkenalkan Layanan Baru ASSUNNAH.WEB.ID (File Hosting)

January 2, 2008
berkas penyimpanan publik tempat

Alhamdulillah…

Ana ingin memperkenalkan sebuah layanan baru dari kami, yaitu tempat penyimpanan berkas-berkas publik ASSUNNAH.WEB.ID. Sebenarnya idenya sudah lama dan situsnya juga sudah jadi beberapa minggu yang lalu (Minggu, 16 Desember 2007) tapi berhubung ana banyak kerjaan jadi telat deh ngumuminnya, afwan yah, hehehe.

Di sini antum nanti bisa menaruh berkas-berkas apa saja untuk di-sharing (dibagi-pakai) dengan yang lain –tentu saja berkas-berkas tersebut haruslah berkas-berkas yang sesuai dengan hukum syari’at Agama kita lho.

Ide pembuatan situs ini muncul sehubungan dengan adanya aturan pembatasan attachment yang ditetapkan di milis assunnah (assunnah@yahoogroups.com), yaitu tidak boleh lebih besar dari 100 KB (aturan no. 13).

_13. Besar file attachment, maksimal 100 KB per pengiriman

email._

Aturan ini memang bertujuan baik, yaitu untuk melindungi para anggota milis ini agar mereka tidak menerima e-mail-e-mail dengan ukuran yang terlalu besar yang akhirnya dapat menyulitkan mereka. Namun disisi lain aturan ini menimbulkan kesulitan bagi kita apabila kita mempunyai file yang ukurannya lebih besar dari 100KB yang ingin kita sharing dengan yang lain. Oleh karena itu ana membuat layanan file hosting ini sebagai solusi dari permasalahan tersebut.

Ada 3 keuntungan yang bisa diperoleh dari layanan ini:

  1. Memberikan kemudahan bagi mereka yang ingin membagi-pakai (sharing) file milik mereka. Ya, karena ia cukup menaruh file miliknya tersebut disini dan kemudian ia bisa memberitahukan kepada yang lain yang menginginkannya untuk men-download-nya disini. Ini lebih baik daripada ia meminta setiap orang yang menginginkan file tersebut untuk menghubunginya melalui e-mail dan kemudian ia mengirimkan file tersebut kepadanya. Iya kalau hanya satu-dua orang dan file-nya kecil, tapi kalau yang minta lebih dari sepuluh orang dan file-nya besar? Tentu hal ini akan cukup merepotkan (hal ini dulu pernah ana alami waktu ana mempublikasikan aplikasi yang ana buat). Jadi? Simpanlah berkas-berkas yang ingin antum bagi pakai disini dan cukup beritahukan kepada yang lain lokasi dari situs ini jadi mereka bisa men-download-nya langsung disini dan Anda bisa menggunakan waktu Anda untuk hal-hal yang lain.
  2. Memberikan kemudahan bagi mereka yang ingin mendapatkan file yang dibagi-pakai (sharing) tersebut. Yup! Ia cukup masuk ke situsnya dan kemudian langssng men-download-nya disana. Ia tidak perlu menghubungi pemilik file tersebut dan kemudian menunggu beberapa lama untuk mendapatkan berkas tersebut. Belum lagi kalau pemilik file-nya lupa membalas e-mail dia tersebut, atau pemilik file tersebut tidak sengaja menghapus e-mail dia tersebut. Waduh!
  3. Usia pakai file tersebut menjadi lebih panjang. Ya, karena file tersebut insya Allah akan tetap ada disana dan dapat dilihat oleh para pengunjung. Berbeda dengan apabila antum meminta orang-orang untuk menghubungi antum melalui japri untuk mendapatkan file tersebut, maka kemungkinan usia pakai file tersebut tidak akan lama, kecuali apabila antum terus-menerus rajin mempromosikan file tersebut agar tetap diketahui oleh yang lain –dan kayaknya ini nggak mungkin deh, hehehe.

Demikian dari ana. Semoga layanan ini dapat bermanfaat.

PS:

Oh iya, ana buatnya pakai Owl Intranet Engine. Tapi waktu itu belum ada language pack buat Bahasa Indonesianya. Jadi ana buat sendiri deh. Tapi berhubung ngerjainnya disambi-sambi sama kerjaan yang lain, ada beberapa bagian yang belum selesai ana terjemahin, afwan yah, insya Allah nanti akan ana selesaikan secepatnya.

comments powered by Disqus