Situs Jadwal Kajian Salaf di Indonesia dan Sekitarnya

March 11, 2008

Screenshot Situs Jadwal Kajian Salaf

Kami awali kembali posting ini dengan rasa syukur kepada Allah wa lahul hamd. Bagaimana tidak, baru saja kami mengabarkan hadirnya situs daftar penerbit buku Islam, tidak lama kemudian Abu Izzah [

Screenshot Situs Jadwal Kajian Salaf

Kami awali kembali posting ini dengan rasa syukur kepada Allah wa lahul hamd. Bagaimana tidak, baru saja kami mengabarkan hadirnya situs daftar penerbit buku Islam, tidak lama kemudian Abu Izzah]2 situsnya yaitu Jadwal Kajian Salaf. Apa saja yang kita dapatkan dari situs ini?

Sekilas Jadwal Kajian di Internet

Sebelum lebih lanjut meninjau situs Kajian.org, ada baiknya kita melihat kebelakang terhadap informasi jadwal kajian salaf di Internet. Menurut perhatian kami, beberapa (5 – 10) tahun belakangan ini, informasi ini banyak disediakan oleh berbagai macam situs yang meniti manhaj salaf. Namun karena kurangnya informasi yang didapat, serta masih minimnya pengguna internet, informasi ini sangat jarang diupdate, sehingga isinya banyak yang tidak valid. Sehingga kaum muslimin yang ingin mengetahui kajian di daerahnya harus menanyakan hal ini ke milis (assunnah).

Lalu sekitar 1 tahun lalu (Maret 2007) ada upaya merangkum informasi jadwal kajian dalam bentuk blog. Blog Jadwal Kajian ini dibuat menggunakan wordpress.com. Sebuah upaya awal yang bagus dari pengelola blog ini. Jika kita melihat situs ini secara sekilas, jadwal-jadwal kajian dan acara tertentu seperti tabligh akbar serta bedah buku tersusun dan terkategori dengan baik berdasarkan lokasinya. Juga dari feed blog yang dihasilkan, kita dapat mengetahui kajian terbaru yang akan datang. Sehingga kita dapat dengan mudah dan cepat mengetahui informasi kajian yang dekat dengan lokasi kita.

Sidbar Blog Jadwal Kajian
Sidebar Blog Jadwal Kajian: Pencarian, susunan kota dan kajian terbaru.

Bisa Lebih Optimal. Namun di era kemajuan teknologi, terutama banyaknya aplikasi di Internet yang menawarkan banyak fitur dan gratis, sebenarnya kaum muslimin dapat memperoleh manfaat lebih dari apa yang telah dilakukan di atas (melalui blog). Dengan proses input informasi kajian yang sama, data ini dapat digunakan oleh aplikasi-aplikasi lainnya untuk mengoptimalkan fungsi kalendar. Yang kami maksudkan di sini adalah aplikasi-aplikasi yang didedikasikan untuk mengatur jadwal kegiatan kita sehari-hari, seperti Ms. Outlook, Thunderbird dengan plugin Lightning-nya, Mozilla Sunbird (spesialisasi aplikasi kalendar saja), atau aplikasi yang berbasis web seperti Google Calendar, Upcoming dan lain-lain. Hal ini dimungkinkan karena aplikasi-aplikasi ini menggunakan format data yang standar. Sehingga informasi kajian dapat dipindahkan ke berbagai macam aplikasi baik aplikasi desktop, berbasis internet, PDA maupun ponsel.

Dengan demikian, jika informasi jadwal kajian-kajian ini menggunakan format kalender yang standar, maka insya Allah akan lebih besar manfaat bagi kaum muslimin untuk memperoleh jadwal ini dan mengaturnya dalam aplikasi kalender yang telah biasa digunakannya dengan mudah dan cepat. Sepertinya, inilah yang menjadi dasar utama pemikiran bagi Abu Izzah, pendiri Kajian.org.

Kajian.org mengggunakan Google Calendar untuk memasukkan informasi jadwal kajian yang sebagian besar bersumber dari blog Jadwal Kajian, agar dapat menghasilkan keluaran (output) format data yang standar, yaitu iCal dan XML. Alhamdulillah.. kami sangat senang dan bersyukur sekali dengan keberadaan format data ini. Insya Allah kami akan menyambutnya dengan baik dan akan kami uraikan bagaimana memanfaatkannya pada posting-posting berikutnya.

Ulasan Sekilas Kajian.org

Sebagai penambahan dari blog Jadwal Kajian, Kajian.org menyediakan komunikasi kepada pengunjung yang mengetahui informasi kajian. Mengajak mereka untuk menambah dan mengupdate kajian, sehingga informasi kajian ini tetap aktual dan valid. Semoga saja komunikasi ini efektif, amiin.

Kajian.org mendedikasikan diri mereka untuk informasi kajian salaf, selain tata letak dan desain yang sederhana dan rapih, para pengurusnya juga merencanakan fitur-fitur yang akan dikembangkan. Mereka menyebutkan,

  • Perbaikan terhadap beberapa “bug”
  • Melengkapi contact person kajian
  • Pencarian jadwal kajian
  • Advanced search
  • Tambah kajian oleh visitor (otomatis)
  • Update kajian oleh visitor (otomatis)
  • Lokasi kajian (menggunakan wiki)
  • Pengunjung dapat upload video kajian*
  • Pengunjung dapat upload rekaman kajian*

Terakhir, sebagai strategi marketing yang sudah umum di internet saat ini, Kajian.org mengajak pengunjung yang memiliki situs atau blog untuk menyebarkan informasi kajian melalui banner yang mereka sediakan.

comments powered by Disqus